Info Pendidikan

Saturday, August 10, 2013

Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran

Mendalami Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran

Apakah Pendekatan Ilmiah ?
Pendekatan ilmiah adalah konsep dasar yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan,dan melatari pemikiran tentang bagaimana metode pembelajaran diterapkan berdasarkan teori tertentu, Oleh karena itu banyak pandangan yang menyatakan bahwa pendekatan sama artinya dengan metode.

Pendekatan ilmiah berarti konsep dasar yang menginspirasi atau melatarbelakangi perumusan metode mengajar dengan menerapkan karakteristik yang ilmiah.Pendekatan Pembelajaran Ilmiah merupakan bagian dari pendekatan pedagogis pada pelaksanaan pembelajaran dalam kelas yang melandasi penerapan metode ilmiah.

Pada penerbitan majalah selanjudnya pada tahun 2007 tentang Scientific Teaching dinyatakan terdapat tiga prinsip utama dalam menggunakan pendekatan ilmiah yaitu,
a. Belajar Siswa Aktif, dalam hal ini termasuk inquiry-based learning atau belajar berbasis penelitian, cooperative learning atau belajar berkelompok,dan belajar berpusat pada siswa.
b. Assessment berarti pengukuran kemajuan belajar siswa yang dibandingkan dengan target pencapaian tujuan belajar.
c. Keberagaman mengandung makna bahwa dalam pendekatan ilmiah mengembangkan pendekatan keragaman. Pendekatan ini membawa konsekuensi siswa unik, kelompok siswa unik, termasuk keunikan dari kopetensi, materi, insttruktur, pendekatan dan metode mengajar, serta konteks.